Upaya Penyelundupan Rusa Berhasil Digagalkan Pejabat Karantina Pertanian

Fakfak(29/07) Keberanian serta intuisi tajam sangat diperlukan sebagai seorang petugas karantina pertanian. Betapa tidak, kondisi lapang terkadang mengharuskan petugas karantina pertanian untuk sigap mengamati kondisi.

Berawal dari kecermatan pejabat Karantina Pertanian Magdalena dan Iis Hasrun dalam lakukan pengawasan, upaya penyelundupan rusa dengan tujuan Tual Ambon akhirnya dapat digagalkan.

” Awalnya kami melihat ada rusa yang akan dinaikkan ke kapal. Ketika kami tanyakan, ternyata tidak ada dokumen sama sekali. Selanjutnya kami berkoordinasi dengan BKSDA dan setelah dicek ada jenis rusa yang dilindungi juga sehingga kami minta rusa – rusa tersebut diturunkan ” papar Magda , selaku penanggung jawab wilayah kerja Fakfak.

Secara terpisah, Kepala Karantina Pertanian Sorong mengapresiasi hasil kerja jajaran Karantina Pertanian di wilayah kerja Fakfak.

” Keberanian dan kecermatan petugas sangat patut diacungkan jempol. Kami sangat apresiasi. Tak lupa kami ucapkan juga terimakasih kepada KP3 Laut pelabuhan Fakfak serta Kodim Fakfak yang membantu di lapangan. Sesuai kesepakatan kami dengan Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan, kami berkomitmen untuk terus bekerjasama dalam upaya konservasi keanekaragaman hayati” terang I Wayan.

Rusa yang akan diselundupkan adalah sebanyak 3 ekor dan rencana akan diangkut menggunakan KMP. Erana menuju Tual. Dari 3 ekor tersebut, disinyalir terdapat jenis rusa yang dilindungi yaitu Rusa timorensis. Saat ini rusa – rusa tersebut telah diserahterimakan kepada pihak BKSDA (Lin/21)