Tak Berdokumen, Paket Benih Impor Ditahan Karantina Pertanian

Sorong – Sebanyak 1 paket pos berisi benih bunga ditahan oleh pejabat Karantina Pertanian wilayah kerja Kantor Pos Sorong pada Selasa siang (27/07). Penahanan ini dilakukan berkat kerjasama yang apik antara Karantina Pertanian, Bea Cukai dan Kantor Pos. Penahanan dilakukan karena saat dilakukan pemeriksaan afministratif, diketahui paket benih tersebut tidak memiliki dokumen karantina kesehatan dari negara asalnya.

” Paket asal Belanda ini berisi 5 sachet benih bunga sejenis bunga krisan dengan berat per sachet sekitar 1 gram. Sesuai dengan undang – undang No. 21 Tahun 2019, importasi tumbuhan terutama yang berisiko tinggi seperti benih harus disertai dengan Phytosanitari Certificate (PC) dari negara asal dan juga Surat ijin Pemasukan atau SIPMentan. Jika tidak ada, maka kita lakukan penahanan. Kemudian jika pemilik paket tidak dapat memenuhi persyaratan sesuai batas waktu, maka benih ini dapat ditolak atau dilakukan pemusnahan ” ujar Linda, pejabat karantina yang bertugas di wilayah kerja kantor Pos Sorong.

SobatQ, tingginya frekuensi lalulintas tumbuhan seperti benih impor melalui paket pos baik yang berasal dari kiriman pribadi maupun belanja daring menuntut pejabat Karantina Pertanian untuk selalu siaga dalam melakukan pengawasan di pintu pemasukan dan pengeluaran. (Lin/21)

Leave a Reply

Your email address will not be published.