Jelang Idul Adha, Karantina Pertanian Sorong Tingkatkan Pengawasan Lalu Lintas Ternak

Fakfak — Idul Adha semakin dekat. Lalu lintas sapi cenderung meningkat mendekati Idul Adha. Demi menjamin kesehatan sapi kurban, pejabat Karantina Pertanian intensif lakukan pengawasan serta pemeriksaan demi menjamin kesehatan ternak yang dilalulintaskan.
Pejabat karantina Pertanian Sorong wilayah kerja Fakfak, IIs Hasrun melakukan pemeriksaan serta pengawasan bongkar sapi yang dilanjutkan dengan pengambilan sampel darah untuk pengujian penyakit Brucellosis pada minggu sore (11/07). Sapi- sapi kurban yang masuk berasal dari Maluku tengah dengan jumlah total sebanyak 46 ekor dan diangkut menggunakan KM. Kalabia.
“ Jelang Idul Adha, lalulintas ternak cukup meningkat, oleh karena itu ternak yang keluar atau masuk harus lolos uji kesehatan. Selain harus mengantongi dokumen karantina dari daerah asal, ternak yang masuk juga harus melalui pemeriksaan fisik dan kesehatan. Pengujian kesehatan dilakukan dengan pengambilan sampel darah untuk deteksi Brucellosis. Karena ternak yang masuk ini terutama untuk kurban, tentunya harus dalam kondisi sehat dan aman untuk dikonsumsi “ papar Iis.
Iis juga menyampaikan bahwa Karantina Pertanian Sorong wilayah kerja Fakfak akan makin memperkuat pengawasan lalulintas ternak untuk antisipasi jika terjadi peningkatan frekuensi lalulintas ternak . Meski dalam kondisi pendemi, pejabat Karantina Pertanian akan tetap melakukan pelayanan dengan tentunya menerapkan protokol kesehatan (Lin/21).