Tingkatkan Layanan, Kini Masyarakat Bisa Lapor Karantina Langsung di Pelabuhan Rakyat Sorong

Sorong (08/07) —Pelabuhan Rakyat merupakan salah satu pelabuhan yang ada di Kota Sorong. Pelabuhan ini melayani perjalanan masyarakat terutama ke daerah – daerah seperti Waisai Raja Ampat, Bintuni dan wilayah Seram.
Komoditas pertanian baik komoditas hewan maupun tumbuhan juga cukup banyak dilalulintaskan melalui pelabuhan ini. Secara administratif, pelayanan perkarantinaan di pelabuhan rakyat masih menginduk ke wilayah kerja Pelabuhan Laut Sorong, sehingga kegiatan sertifikasi masih dilakukan di wilayah kerja Pelabuhan Laut Sorong meski pengawasan sudah dilakukan sejak dulu. Hal ini menyebabkan masyarakat yang akan melalulintaskan komoditas hewan ataupun tumbuhan via pelabuhan rakyat harus melapor ke kantor Karantina Pertanian di wilayah Pelabuhan Laut Sorong. Tentunya hal ini tidak efektif, karena masyarakat harus bolak balik untuk melapor. Namun saat ini, Karantina Pertanian Sorong telah melakukan perubahan demi peningkatan kualitas pelayanan.
Terhitung sejak pertengahan Juni 2021, pos pemeriksaan Karantina Pertanian Sorong yang ada di wilayah pelabuhan Rakyat telah diaktifkan kembali dengan menambah 3 personil. Hal ini disambut baik oleh para pengguna jasa , karena mereka sudah bisa langsung melapor di pos pemeriksaan karantina di Pelabuhan Rakyat dan bisa langsung mendapat sertifikat karantina tanpa harus pergi dulu melapor ke kantor karantina di wilayah pelabuhan Laut Sorong yang jaraknya cukup jauh. Kegiatan perkarantinaan pun berjalan dengan efektif dan efisien.
SobatQ, Karantina Pertanian Sorong selalu melakukan perbaikan – perbaikan dalam rangka peningkatan kualitas layanan terhadap masyarakat. Petugas kamipun selalu siaga dalam pengawasan dan pelayanan, oleh karena itu jangan lupa untuk selalu lapor karantina ya. (Lin/21)