Pejabat Karantina Pertanian Periksa Kesehatan 18 Ekor Sapi Asal Tual

Kaimana — SobatQ, komoditas hewan atau tumbuhan yang dilalulintaskan, tidak pernah lepas dari pengawasan karantina. Pengawasan dilakukan untuk memastikan komoditas yang masuk atau keluar dari satu wilayah ke wilayah lainnya sehat dan bebas hama penyakit karantina.

Jumat sore (04/06) pejabat Karantina Pertanian Sorong wilayah kerja Kaimana, Ayu Januarsih melakukan pemeriksaan fisik dan kesehatan terhadap 18 ekor sapi asal Tual Ambon yang datang melalui Pelabuhan Laut Kaimana dengan menumpang kapal KM. Erana. Pemeriksaan sapi dilakukan dengan target utama penyakit Brucellosis.

” Selain periksa fisik, disini kami juga melakukan pengambilan sampel darah sapi untuk nantinya akan diperiksa dan diuji dengan metode Uji Rose Bengal (RBT ). Dari hasil pemeriksaan ,jika negatif maka akan diterbitkan surat kesehatannya” ujar Ayu

SobatQ, Brucellosis merupakan penyakit yang disebabkan bakteri yang banyak menyerang ternak seperti sapi atau domba. Penyakit ini dapat menyebabkan keguguran pada ternak dan juga bersifat zoonosis.

” Kami harus benar – benar memastikan bahwa sapi yang masuk ke wilayah Kaimana ini sehat dan bebas Brucellosis. Agar tidak berbahaya bagi ternak lain dan tentunya agar tetap aman jika dagingnya dikonsumsi. Itulah pentingnya lapor karantina. Kami harap masyarakat selalu patuh karantina demi kesehatan kita bersama ” tutup Ayu (Lin/21).

Leave a Reply

Your email address will not be published.