Pastikan Kernel Sawit Sehat Sebelum Berangkat ke Surabaya

Sorong – Kelapa sawit yang memiliki nama latin Elaeis guineensis merupakan salah satu primadona sektor perkebunan di Indonesia, dengan lokasi lahan perkebunan yang banyak tersebar di pulau Sumatera, Kalimantan dan juga Papua. Kelapa sawit memiliki banyak kegunaan diantaranya sebagai bahan baku dalam industri makanan, kosmetika, bahan baku dalam industri baja sampai dengan penyubur tanah. Hampir semua bagian tanaman kelapa sawit dapat diolah dan dimanfaatkan. Beragamnya pemanfaatan kelapa sawit dan produk turunannya menyebabkan permintaannya selalu tinggi. Kelapa sawit juga termasuk penyumbang devisa terbesar bagi Indonesia. di wilayah Sorong raya, juga terdapat beberapa perusahaan yang bergerak di sektor perkebunan kelapa sawit yang rutin melakukan pengiriman hasil produksi kebunnya ke luar wilayah Papua Barat.

Kamis (27/05) Pejabat karantina pertanian, Siti Mega dan Aswin melakukan pemeriksaan fisik kernel di gudang milik PT. Inti Kebun Sejahtera yang berlokasi di Kabupaten Sorong. Komoditas kernel sawit ini rencananya akan diberangkatkan ke Surabaya pada tanggal 1 Juni 2021 mendatang .

“ Total kernel sawit yang akan dikirim ke Surabaya adalah sebanyak 171 ton. Ini merupakan pengiriman kedua kali untuk PT. IKS di tahun 2021 ini, dimana pengiriman terakhir dilakukan pada Februari lalu “ tutur Aswin.

Selain melakukan pemeriksaan fisik, pejabat karantina juga melakukan pengambilan sampel untuk pemeriksaan laboratorium. Pemeriksaan menyeluruh dilakukan untuk memastikan bahwa kernel sawit yang dkirim bebas OPT dan OPTK. Selanjutnya barulah sertifikat kesehatan dapat diterbitkan.

“ Tugas kami adalah memastikan kernel sawit sehat dan bebas dari OPT/OPTK sebelum berangkat. Produk yang berkualitas tentunya harus berasal dari bahan yang berkualitas pula ” pungkas Aswin (Lin/21)

Leave a Reply

Your email address will not be published.