Dukung Upaya Perlindungan Satwa, Karantina Pertanian Hadiri Kegiatan Lepas Liar

Kaimana – Tak hanya mencegah masuk dan menyebarnya hama penyakit hewan dan tumbuhan karantina, Karantina Pertanian juga turut mendukung segala upaya untuk menjaga kelestarian sumberdaya alam Indonesia, mulai dari melakukan pengawasan terhadap lalulintas satwa liar dan satwa dilindungi di pintu-pintu pemasukan seperti Bandar dan Pelabuhan atau turut serta dalam kegiatan lepas liar hewan dilindungi.

Jumat ( 30/04) Petugas Karantina Pertanian wilayah kerja Kaimana hadir dalam kegiatan lepas liar yang dilakukan oleh Balai Besar Konservasi Alam (BBKSDA) Seksi Konservasi Wilayah IV Kaimana. Kegiatan lepas liar yang dilaksanakan di Kawasan Hutan Lindung Tanggaromi-Wermura Kaimana ini juga turut dihadiri oleh perwakilan dari Balai PPIKHL Wilayah Maluku Papua.

Adapun hewan liar yang dilepasliarkan diantaranya Kasuari gelambir ganda (Casuarius casuarius), Nuri Bayan (Eclectus roratus) dan Nuri Merah Kepala Hitam (Lorius lorry)

“Info dari pihak BBKSDA, satwa yang dilepasliarkan pada hari ini merupakan hasil temuan selama kegiatan patroli di Kaimana dan juga merupakan hasil pengawasan peredaran tumbuhan serta satwa liar di kawasan pelabuhan” terang Jefri, pejabat Karantina Pertanian yang juga merupakan penanggung jawab wilayah kerja Kaimana.

SobatQ, kasuari gelambir ganda, Nuri Bayan dan Nuri Kepala Hitam merupakan beberapa dari puluhan satwa yang dilindungi. Menjaga kelestariannya merupakan tugas kita semua. Bersama, mari kita dukung terus upaya ini , agar kekayaan alam Indonesia tetap lestari. (Lin/21)

Leave a Reply

Your email address will not be published.