Pejabat Karantina Pertanian Lakukan Pemeriksaan Kernel Kelapa Sawit

Sorong (26/04) Pejabat Karantina Pertanian Sorong melakukan pemeriksaan kernel kelapa sawit di gudang PT. Henrison Inti Persada (PT.HIP) yang berlokasi di Klamono Kabupaten Sorong pada Senin pagi.

PT. Henrison Inti Persada adalah salah satu perusahaan yang bergerak di sektor perkebunan sawit yang selain mengelola perkebunan juga memiliki pabrik pengolahan tandan sawit segar. Produk utama yang dihasilkan diantaranya kernel kelapa sawit serta minyak sawit mentah(CPO) . Untuk bulan April 2021 ini PT. HIP sudah dua kali melakukan pengiriman kernel dan minyak sawit mentah. Tercatat untuk bulan April, kernel yang dikirim sebanyak 190 ton sedangkan minyak sawit mentah sebanyak 1120 ton dengan tujuan Gresik dan Surabaya.

Aswin, Pejabat Karantina Pertanian yang melakukan pemeriksaan menyampaikan bahwa pemeriksaan dilakukan untuk memastikan kernel sawit yang akan dikirim bebas dari Organisme Pengganggu Tumbuhan Karantina (OPTK).

” Pemeriksaan kesehatan ini dilakukan sebelum kernel dilalulintaskan ke daerah tujuan. Selain itu pemeriksaan kami lakukan juga untuk memastikan kelayakan gudang penyimpanan agar tetap bebas dari infestasi serangga gudang. Serangga gudang dapat menurunkan kualitas barang simpanan. Total yang akan diberangkatkan kali ini adalah sebanyak 171.000 kilogram. ” papar Aswin, pejabat Karantina Pertanian saat melakukan pemeriksaan.

Kernel kelapa sawit rencananya akan diberangkatkan ke Surabaya melalui Pelabuhan Laut Sorong pada Rabu 28 April . Sertifikat kesehatan dirilis setelah komoditas yang akan dikirim dinyatakan sehat (Lin/21)

Leave a Reply

Your email address will not be published.