Gaharu Tak Berdokumen Gagal Terbang ke Jakarta

Fakfak – Sebanyak 44 kilogram gaharu yang sedianya akan berangkat menuju Jakarta via Wings Air, akhirnya gagal terbang karena tidak mengantongi dokumen dari BKSDA dan juga tidak lapor karantina Pertanian.

Kronologis bermula ketika pejabat Karantina Pertanian sedang melakukan pengawasan rutin di Bandara Torea Fakfak pada Rabu 31 Maret.

” Saat pengawasan kami menemukan 2 kardus besar seperti komoditas tumbuhan. Begitu kami periksa ternyata iainy gaharu. Gaharu merupakan hasil hutan sehingga perlu ada dokumen dari BKSDA dan ini juga tidak dilaporkan ke kami sebelumnya padahal kondisinya sudah dikemas rapi dan siap kirim. Karena tidak ada dokumen apapun sementara kami tahan dan tidak bisa dikirim ” papar Magdalena, selaku pejabat Karantina Pertanian yang bertugas di wilayah kerja Bandara Torea Fakfak.

Gaharu akhirnya tidak jadi diberangkatkan dan pejabat karantina Pertanian mengamankan kardus berisi gaharu untuk kemudian berkoordinasi dengan pihak BKSDA.

” Hari ini Kamis 1 April kami sudah menyerahkan gaharu tersebut kepada pihak BKSDA. Serah terima gaharu dilakukan pada pukul 10 pagi WIT bertempat di kantor Karantina Pertanian wilayah kerja Fakfak” tutup Magda(Lin/21).