Tingkatkan Pelayanan Perkarantinaan, Karantina Pertanian Sorong Adakan Rapat Koordinasi Antar Instansi

Sorong – Peningkatan konsumsi daging di Kota Sorong dan sekitarnya tidak sebanding dengan populasi hewan ternak daerah sehingga masyarakat berusaha mendatangkan hewan ternak dari luar pulau. Demi menjamin kesehatan hewan ternak tersebut diperlukan kerjasama antar instansi Unit Pelaksana Teknis Karantina Pertanian dan Dinas Pertanian dan Peternakan. Beberapa kendala kerap ditemui dilapang saat pemasukan hewan ternak karena adanya kebijakan dari masing-masing instansi. Hal tersebut yang melatari diadakannya Rapat Koordinasi Instansi Terkait selama dua hari pada tanggal 24-25 Februari 2021 di Kota Sorong.

Rapat yang bertemakan Efektifitas Layanan Karantina Pertanian Wilayah Papua Barat, Maluku dan Maluku Utara, menghadirkan dua narasumber yaitu drh. Agus Sunanto, M.P selaku Kepala Pusat Karantina Hewan dan Keamanan Hayati Hewani dan drh. Alfinus selaku Kepala Bidang Program dan Evaluasi, BBVET Maros. Acara yang digelar di ruang Etamin Hotel Vega ini dihadiri oleh 28 undangan yang terdiri dari Karantina Pertanian, dinas pertanian dan peternakan wilayah Papua, Papua Barat, Maluku dan Maluku Utara serta pelaku usaha.

“Acara ini berkonsep Focus Group Discussion (FGD) antara dinas pertanian dan peternakan, karantina pertanian dan pelaku usaha. Saya harap acara ini akan menghasilkan solusi untuk meningkatkan pelayanan kami dan membantu menjamin kesehatan hewan ternak yang masuk ke Sorong. Terutama kendala-kendala yang sering ditemui ketika ada pemasukan hewan ternak ke wilayah Sorong” ujar drh I Wayan Kertanegara selaku Kepala SKP Kelas I Sorong.

I Wayan menambahkan bahwa beberapa kendala yang ada di lapang terutama karena adanya ketidaksesuaian dan diharapkan dapat dicari solusi bersama melalui kegiatan ini.

“ Contoh kasus pelaku usaha yang kerap membawa hewan ternak dari Pulau Gabe tujuan Sorong mengutarakan bahwa tidak terdapat petugas yang dapat membantu pembuatan surat kesehatan hewan ternak di Pulau Gabe. Petugas hanya ada di Weda. Jika hewan ternak dibawa ke Weda terlebih dahulu maka pelaku usaha akan mengalami kerugian dari segi keuangan serta waktu. Nah, permasalahan seperti inilah yang akan kita cari solusinya agar kegiatan perkarantinaan dapat berjalan lancar tapi juga tidak merugikan pelaku usaha atau pengguna jasa Karantina ” papar I Wayan (Tya/21).

.

According to our research and what we have come across, Famous Movie Jackets is one of the most reliable and favorite brands for buying cheap leather jackets for men and women. tadalafil Thank you for your question.

Leave a Reply

Your email address will not be published.