Karantina Pertanian Sorong Gelar Seminar Lokal Pemantauan

Sorong (27/08), Sorong merupakan pintu keluar masuk pertama dan transit ke pulau Papua khususnya Papua Barat sehingga memiliki potensi lalu lintas komoditas pertanian yang tinggi. Tingginya lalu lintas komoditas tersebut memiliki resiko penyebaran Organisme Pengganggu Tumbuhan Karantina (OPTK) dari luar masuk ke Wilayah Sorong sehingga diperlukan perlindungan terhadap sektor pertanian yang ada di Papua Barat.

Salah satu upaya perlindungan yang dilakukan oleh Karantina Pertanian Sorong adalah dengan melakukan survei dan pemantauan terhadap sebaran OPT dan OPTK. Pemantauan daerah sebar yang sudah berjalan sejak bulan Februari 2020 lalu berhasil diselesaikan yang kemudian dilakukan Seminar Lokal hasil Pemantauan Daerah Sebar OPTK pada Hari Kamis ini

Dalam kegiatan seminar lokal tersebut dipaparkan OPT atau OPTK apa saja yang ditemukan di beberapa lokasi kegiatan pemantauan. Para petugas Karantina sebelumnya telah lakukan pengamatan serta pengambilan sampel di beberapa lokasi pemantauan yang masuk dalam wilayah kerja Karantina Pertanian Sorong yaitu Kabupaten Sorong, Raja Ampat, Kaimana, Tambrauw serta Sorong Selatan.

Seminar Lokal yang dihadiri oleh perwakilan Dinas Ketahanan Pangan dan Hortikultura Kabupaten Sorong, Balai Pengawasan Sertifikasi Benih Sorong, Laboratorium Pengamatan Hama dan Penyakit Sorong serta Civitas Akademi dari berbagai Universitas di Sorong. Dalam seminar ini dipaparkan OPT dan OPTK apa saja yang ditemukan di beberapa lokasi kegiatan pemantauan.

Drh. I Wayan Kertanegara dalam sambutannya menyampaikan bahwa pemantauan ini sebagai upaya pencegahan masuk dan keluarnya hama penyakit tumbuhan dari dan masuk ke Wilayah Sorong Raya. “Keberhasilan pelaksanaan survei dan pemantauan ini tidak lepas dari kekompakan tim yang telah dibekali dengan perencanaan yang matang, informasi yang lengkap dan perlengkapan yang cukup memadai”, ungkap Wayan, Kepala Karantina Pertanian Sorong.

Joni Penda, Kepala Dinas Ketahanan Tanaman Pangan dan Hortikultura Kabupaten Sorong hadir sebagai Narasumber menyampaikan apresiasinya terhadap kinerja Karantina Pertanian Sorong yang sudah melakukan pemantauan dengan baik meski di tengah pandemic Covid-19. “Kami berharap Karantina Pertanian Sorong secara terus menerus melakukan pemantauan ini, dan hasil ini akan segera kami tindak lanjuti di Kabupaten Sorong”, Ujarnya.

Frank S. cialis pill Belgium Reply.

Leave a Reply

Your email address will not be published.