Produksi Tinggi, Jumlah Pengiriman Kernel Asal Sorong Meningkat

Industri Sawit merupakan salah satu penyumbang devisa terbesar bagi perekonomian di Indonesia. Devisa yang dihasilkan sawit tersebut tersebar di beberapa wilayah Indonesia. Kehadiran industri sawit memberi harapan baru bahwa bangsa Indonesia mampu menjadi Negara pengekspor. Peran penting Karantina Pertanian sesuai amanat UU No. 21 Tahun 2019, dimana setiap media pembawa hewan maupun tumbuhan yang akan dilalulintaskan wajib dilaporkan dan diperiksa oleh Pejabat fungsional Karantina Pertanian di pintu pengeluaran dan pemasukan.

Sorong (13/07), Pejabat fungsional karantina pertanian Sorong melakukan pemeriksaan dokumen persyaratan dan fisik terhadap kernel/ biji kelapa sawit di salah satu perusahaan sawit di Sorong. Menurut data, perusahaan ini semakin hari produksinnya bertambah sehingga jumlah pengiriman kernel ke Surabaya meningkat. Selain pemeriksaan dokumen dan fisik juga dilakukan Pengambilan sampel untuk uji laboratorium memastikan kernel bebas dari Organisme Pengganggu Tumbuhan Karantina (OPTK).

“Kami akan memastikan media pembawa kernel ini bebas dari hama penyakit, selanjutnya hasil pemeriksaan Laboratorium akan menjadi acuan kami dalam menerbitkan sertifikat kesehatan tumbuhan”, Ujar Magda pada saat melakukan pengambilan sampel.

Leave a Reply

Your email address will not be published.