Obat Herbal, Kulit Kayu Akway Berangkat Ke Timika Dan Jayapura =======================================


Penelitian tumbuhan obat terus berkembang seiring dengan minat masyarakat pada bahan obat yang berasal dari alam yang berhubungan dengan keamanannya dibanding dengan obat sintetik. Kayu Akway (Drymis sp) merupakan tanaman yang hanya ada di daerah Papua, terutama di daerah perbukitan Manokwari dan sekitar pegunungan Arfak termasuk dari hutan di Maybrat Papua Barat ini yang diyakini masyarakat dapat meningkatkan stamina.

Pejabat fungsional karantina tumbuhan di Wilker Bandara DEO Sorong melakukan pemeriksaan fisik dan kesehatan pada kulit kayu yang akan dikirim ke Timika dan Jayapura oleh pemiliknya pada hari Jumat (26/06). Setelah dipastikan tidak ada Organisme Pengganggu Tumbuhan (OPT) pada media pembawa tersebut, selanjutnya diterbitkan Sertifikat Kesehatan Karantina sebagai salah satu persyaratan lalu lintas komoditas pertanian sesuai dengan UU No 21 Tahuan 2019.

Ayo! Pace, Mace selalu Lapor Karantina sebelum membawa hewan dan tumbuhan untuk mencegah masuk dan keluarnya Hama Penyakit Hewan dan Tumbuhan.