KARANTINA PERTANIAN SORONG SUKSESKAN OPERASI OPSON IX-2020

Sorong (10/03), Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) Papua Barat menggelar inspeksi mendadak di sejumlah gudang sembako, supermarket dan gudang es, di Wilayah Sorong. Inpeksi ini digelar bersama Instansi Karantina Pertanian Sorong, Dinas Kesehatan Kota Sorong, Dinas Perdagangan Kota Sorong, Polresta Sorong dan BKIPM Sorong.

Jandri Sihaloha, Petugas BPOM Papua Barat menjelaskan Sidak ini adalah bagian dari Operasi OPSON IX yang dipimpin oleh BPOM Papua Barat. Pengawasan Produk Pangan ditargetkan pada sarana produksi pangan dan sarana distribusi pangan. Dalam Operasi ini ditemukan beberapa makanan dan minuman yang sudah kadaluarsa pada gudang sembako. Dan terhadap produk pangan kadaluarsa tersebut akan dilakukan tindakan pemusnahan, kemudian melakukan proses hukum dan pembinaan terhadap pemilik gudang tersebut, tuturnya.

Petugas Karantina Pertanian yang diwakili oleh Sukirman dan Muji Haryati, turut serta melakukan pengawasan terhadap produk pangan khususnya produk tumbuhan dan hewan beserta olahannya. Hal ini merupakan bagian dari tupoksi Karantina Pertanian yang tertuang dalam UU No. 21 Tahun 2019 yaitu mencegah masuk atau keluarnya Pangan dan Pakan yang tidak sesuai dengan standar keamanan dan mutu.

Leave a Reply

Your email address will not be published.