Karantina Pertanian Sambangi Lucky Lady Di Waisai

Sorong– Rabu siang petugas karantina pertanian mendapatkan informasi bahwa sebuah yacht berbendera Jepang terpaksa sandar darurat di Pelabuhan Waisai Raja Ampat. Berdasarkan informasi tersebut maka pada kamis pagi (30/01) Karantina Pertanian bergerak menuju Waisai untuk lakukan pemeriksaan terhadap kemungkinan adanya komoditas hewan dan tumbuhan di dalam yacht tersebut.

Tak sendiri, Karantina Pertanian juga berkolaborasi dengan Bea Cukai Sorong menyambangi yacht bernama Lucky Lady VII tersebut. Yacht dengan jumlah kru sebanyak delapan orang tersebut diketahui terpaksa sandar karena mengalami kerusakan mesin.

Hidayatunissa selaku petugas karantina yang lakukan pemeriksaan menyampaikan adanya komoditas pertanian dalam yacht tersebut sehingga harus dilakukan pemeriksaan lebih seksama.

” Tadi kami sudah lakukan pemeriksaan. Beberapa komoditas yang ada diantaranya sayur dan buah tapi setelah kami cek ternyata berasal dari pasar lokal Waisai. Sisanya berupa makanan kering serta makanan cepat saji. Kami lakukan pemeriksaan untuk mengantisipasi kemungkinan adanya produk hewan terutama yang berasal dari daging babi sebagai langkah antisipasi cegah masuknya African Swine Fever atau ASF ” terang Nissa.

SobatQ, karantina selalu siaga dalam mencegah masuk dan menyebarnya hama penyakit hewan dan tumbuhan. Gerak cepat serta responsif adalah salah satu bentuk nya.

Bersama karantina Pertanian, mari kita selalu siaga melindungi negeri (LIN/20)

Leave a Reply

Your email address will not be published.