Apa Saja sih yang dilakukan di Laboratorium Karantina Pertanian Sorong..?

SobatQ pasti sudah tidak asing lagi ketika melihat pejabat karantina pertanian sedang melakukan pengawasan di bandara, pelabuhan atau pos lintas batas. Tapi jangan salah. Tugas karantina tidak hanya berkutat di lapang loh tapi juga di laboratorium. Keputusan penting seperti pembebasan dan pemusnahan media pembawa juga bergantung dari hasil pengujian laboratorium.

Sebagai salah satu laboratorium pengujian yabg sudah terakreditasi dan menerapkan ISO 17025: 2017, Laboratorium Karantina Pertanian Sorong dituntut untuk dapat memberikan hasil pengujian yang valid. Berbagai hal perlu dilakukan tentunya.

Lalu, apa saja sih yang dilakukan di laboratorium?

” Selain pengujian sampel , hal rutin yang kami lakukan diantaranya mencatat suhu dan kelembaban ruang pengujian, memastikan kebersihan ruang serta mengecek alat – alat lab secara berkala untuk memastikan masih berfungsi dengan baik. Hari ini setelah memeriksa sampel media pembawa, kami melakukan sterilisasi cawan petri, mengecek autoklaf, sentrifuse dan magnetic stirer” tutur Tia, salah satu personil laboratorium.

Laboratorium Karantina Sorong saat ini telah terakreditasi untuk ruang lingkup Brucella abortus dan identifikasi morfologi Tribolium castaneum. Kedepan, lab karantina Sorong berencana untuk menambah ruang lingkup lagi yaitu identifikasi Necrobia rufipes dan cendawan Peronospora manshurica pada kedelai (LIN/19).

Leave a Reply

Your email address will not be published.