Pelihara Mutu Dan Kompetensi, Karantina Pertanian Sorong Ikut Serta Kegiatan Uji Banding

Sorong- Karantina Pertanian Sorong ikut serta dalam uji banding antar laboratorium yang diselenggarakan oleh Karantina Pertanian Timika. Ruang lingkup yang di ujibandingkan adalah serangga hama gudang Tribolium castaneum dengan metode identifikasi secara morfologi. Pengujian dilakukan secara serentak pada senin 23 September 2019.

Keikutsertaan Karantina Pertanian Sorong dalam uji banding ini tidak hanya bertujuan untuk memelihara mutu hasil pengujian namun juga untuk memelihara serta meningkatkan kompetensi para analis.

Hasil pengujian selanjutnya dituangkan dalam bentuk laporan hasil pengujian yang nantinya akan dikirimkan kembali ke Karantina Pertanian Timika selaku penyelenggara. Hasil evaluasi dari kegiatan uji banding ini sangat berguna untuk mempertahankan status akreditasi yang telah diraih laboratorium karantina Pertanian Sorong.

Karantina Pertanian Sorong saat ini sedang melakukan peralihan dari standar ISO 17025:2008 menjadi ISO/IEC 17025: 2017 . Surveilan direncanakan akan dilakukan pada minggu kedua bulan Oktober mendatang.

Leave a Reply

Your email address will not be published.