Paparkan Tugas Dan Peran, Karantina Pertanian Hadir Di Kopi Pagi Programa 1 RRI.

Sorong– Sinergitas pengawasan ternak dalam rangka Idul Adha menjadi tema acara bincang- bincang Kopi Pagi di Programa 1 RRI Sorong yang mengudara pada senin (29/07). Hadir sebagai narasumber, Kepala Subseksi Pelayanan Operasional Karantina Pertanian Sorong drh.Sulistiyawati bersama dengan Kepala Bidang Kesehatan Hewan Dinas Kabupaten Sorong drh. Fitri Setiyoningsih.

Pada acara Kopi Pagi ini, beberapa hal dibahas, diantaranya peran karantina pertanian dalam pemasukan ternak terutama jelang Idul Adha.

” Pada dasarnya tidak hanya pada saat jelang Iduladha, namun pemasukan dan pengawasan ternak sudah menjadi tugas rutin karantina di pintu pemasukan. Karantina selama ini rutin melakukan pengawasan pemasukan sapi ke wilayah Sorong. Sapi yang masuk kebanyakan berasal dari Tobelo, Seram, Weda atau Gebe ” terang Sulis.

Sulis menjelaskan bahwa untuk mencegah masuknya hama penyakit hewan, ada beberapa prosedur yang dilakukan oleh petugas karantina.

“Rangkaian pemeriksaan yang dilakukan karantina meliputi pemeriksaan dokumen karantina dari daerah asal, pemeriksaan fisik serta pengambilan sampel darah untuk deteksi penyakit Brucellosis” papar Sulistiyawati panjang lebar.

Terkait dengan jumlah serta kesehatan ternak yang sudah masuk ke wilayah Sorong, Sulis mengatakan pihaknya selalu berkoordinasi dengan dinas peternakan kabupaten setempat. Hal ini dilakukan agar jumlah serta kesehatan ternak yang ada di wilayah sorong dapat terus dimonitor.

Sebelum acara bincang- bincang berakhir, Sulis tak lupa mengingatkan masyarakat agar selalu lapor karantina sebelum melalulintaskan ternaknya terutama jelang Idul Adha. Masyarakat juga diminta untuk menghubungi langsung kantor Karantina Pertanian Sorong jika membutuhkan informasi lebih lanjut.

Leave a Reply

Your email address will not be published.