Pemasukan Kura-kura Rusia dari Republik Uzbekistan

Wow.. Ninja Turtle datang. Upss..salah..200 ekor baby Agrionemys (Testudo) horsfieldii atau kura-kura Rusia datang ke Jakarta hari Sabtu malam (6/7) pukul 21.30. Kura-kura tersebut didatangkan oleh CV. RMN dengan menggunakan pesawat Turkish Airlines.

Testudo horsfieldii atau kura-kura Rusia merupakan salah satu spesies kura-kura peliharaan yang populer. Reptil tersebut berasal dari peternakan di Tashkent City – Republik Uzbekistan. Kura-kura Rusia termasuk appendiks II dimana hewan tersebut tidak terancam kepunahan namun apabila tidak diatur perdagangannya dapat terancam punah. Sehingga pemasukan reptil tersebut selain dilengkapi dengan Health Certificate, juga dilengkapi sertifikat CITES dari Republik Uzbekistan. Sebelum diekspor ke Indonesia, reptil tersebut telah di karantina dan tidak kontak dengan hewan lain selama 30 hari di negara asalnya dan hasil pemeriksaan laboratorium terhadap Salmonella ABS negatif.

Selanjutnya petugas karantina segera melakukan Tindakan Karantina Hewan berupa pemeriksaan kelengkapan dan keabsahan dokumen dan dibawa ke IKH BBKP Soekarno Hatta untuk dilakukan pemeriksaan kesesuaian jumlah dan fisik. Selama masa pengasingan dan pengamatan selama 14 hari, petugas karantina memastikan kesehatan reptil tersebut. Apabila tidak ditemukan tanda klinis hama penyakit hewan karantina, maka kura-kura Rusia tersebut dapat dilakukan pembebasan.


Leave a Reply

Your email address will not be published.