Tak Berdokumen, Teh Asal Tiongkok Ditahan Petugas

Pernah dengar tindakan karantina 8P? Penahanan salah satunya. Penahanan dapat dilakukan oleh petugas karantina jika persyaratan pemasukan dilanggar.

Terlebih untuk pemasukan dari luar negeri. Meski kuantitas terbilang sedikit, tiap komoditas pertanian yang masuk tetap harus disertai Phytosanitari Certificate (PC) dari negara asal sebagai jaminan bahwa produk yang masuk sehat dan bebas dari OPTK. Kalau tidak disertai PC? Ya pasti ditahan. Inilah langkah yang dilakukan oleh karantina pertanian.

Sorong(24/06) Petugas Karantina , Magdalena Sukan dibantu pihak Bea Cukai serta Kantor Pos menahan komoditas pertanian yang dilalulintaskan dari luar negeri melalui kantor pos Sorong.

” Paket dari Tiongkok yang kami tahan ini adalah tea cake sebanyak 6 lempeng dan daun teh kering sebanyak 4 kaleng. Semuanya kami cek tidak ada PC dari negara asal ” papar Magda.

Paket berisi tea cake dan daun teh kering tersebut dibawa ke Kantor Karantina Sorong dan selanjutnya akan diproses sesuai ketentuan dalam PP No. 14 Tahun 2002.

Demi tegaknya aturan, Karantina pastikan tak ada celah untuk masuknya komoditas pertanian tak bersertifikat. Karenanya, lapor karantina dulu ya sebelum melalulintaskan komoditas pertanian.