Jelang Idul Fitri, Petugas Karantina Pertanian Intens Lakukan Pengawasan Di Pelabuhan Rakyat Sorong

Mau pergi ke Waisai atau Misool Raja Ampat yang terkenal cantik aduhai? Lewat Pelabuhan Rakyat Sorong salah satu alternatifnya.

Pelabuhan Pelayaran Rakyat Sorong atau biasa disebut Pelra merupakan pelabuhan kecil yang menjadi penghubung Sorong dengan pulau – pulau kecil di sekitarnya.Pelabuhan ini biasa melayani pelayaran dengan tujuan Waisai dan Misool Raja Ampat, Bintuni serta Seram.

Tak sepadat dan sesibuk Pelabuhan Laut Sorong memang, namun peran Pelra sangat besar bagi masyarakat sekitar. Bukan hanya untuk penyeberangan, Pelra Sorong pun menjadi pintu bagi lalu lintas komoditas pertanian. Karena itu Pelra Sorong masuk dalam area pengawasan Karantina Pertanian Sorong.

Sorong–Bersama kedua rekannya Awang dan Afian, petugas Karantina Pertanian Luther tampak sibuk melakukan piket pengawasan di area Pelabuhan Pelayaran Rakyat Sorong pada Rabu Malam (29/05).

” Komoditas yang masuk malam ini adalah kelapa bulat dari Seram. Jumlahnya juga cukup banyak” tutur Luther.

Luther menyampaikan bahwa piket yang dilakukan ini merupakan kegiatan pengawasan rutin. Namun jelang Idul Fitri pengawasan akan makin diperketat karena volume serta frekuensi komoditas pertanian yang dilalulintaskan cenderung mengalami peningkatan, yang artinya risiko masuknya hama penyakit hewan dan tumbuhan karantina (HPHK dan OPTK) juga semakin besar.

“Mendekati Idul Fitri, petugas karantina akan makin intensif melakukan pengawasan karena biasanya volume komoditas pertanian yang dilalulintaskan makin tinggi. Belum lagi tentengan atau oleh -oleh pemudik yang berupa produk pertanian biasanya juga banyak. Kegiatan pengawasan ini adalah komitmen kami untuk cegah masuk dan menyebarnya HPHk dan OPTK” ujar Luther

 

Leave a Reply

Your email address will not be published.