Akreditasi Lab : Bukti Kompetensi dan Komitmen Karantina Dalam Meningkatkan Kualitas Layanan

 Sorong —–ISO/IEC 17025 adalah standar yang menjadi acuan oleh laboratorium pengujian yang mencakup persyaratan teknis dan manajemen. Standar ini menjadi penting karena standar ISO/IEC 17025 diakui secara internasional dan digunakan sebagai acuan oleh lembaga seperti Komite Akreditasi Nasional (KAN) dalam menilai kompetensi laboratorium pengujian.

Untuk mendapatkan sertifikat akreditasi ini pun tidak mudah. Butuh proses yang cukup panjang serta komitmen dalam menerapkan pengujian sesuai standar sampai akhirnya menerima sertifikat.

Begitu pula proses yang dilalui Karantina Sorong. Kerja keras dan dukungan dari segenap pegawai Karantina Sorong membuahkan hasil yang menggembirakan. Di penghujung 2018, laboratorium pengujian Karantina Sorong resmi terakreditasi untuk ruang lingkup pengujian Rose Bengal Test (RBT) untuk Karantina Hewan dan Tribolium castaneum untuk Karantina Tumbuhan.

” Status terakreditasi ini tentunya patut diapresiasi karena proses untuk mendapatkannya tidaklah mudah. Semoga kedepan kita dapat menjaga mutu pengujian dan bisa terus menambah ruang lingkup ” ujar Kepala Karantina Sorong yang juga merupakan Manajer Puncak drh. I Wayan Kertanegara di sela – sela acara syukuran laboratorium (08/01).

Sertifikat akreditasi mungkin hanya selembar kertas. Namun selembar kertas ini adalah bukti kompetensi serta jaminan validitas petugas karantina dalam melakukan pengujian. Status terakreditasi ini juga merupakan bukti keseriusan karantina dalam meningkatkan mutu layanan serta membangun kepercayaan masyarakat khususnya para pengguna jasa karantina.