Tak Disertai Dokumen, Si Murai Balik Kanan

Tak Disertai Dokumen, Si Murai Balik Kanan

Alih-alih ingin menikmati kicau merdu si burung murai, yang ada malah harus mengirimkan kembali burung tersebut.

Kenapa harus dikembalikan pulang? Setiap komoditas pertanian yang dilalulintaskan wajib disertai dengan dokumen kesehatan dari daerah asal. Hal ini bertujuan untuk memastikan media pembawa tersebut bebas dari HPHK dan OPTK. Lalu, bagaimana jika media pembawa tersebut terlanjur masuk tanpa adanya dokumen?

Ada opsi lainnya, yaitu penolakan atau penahanan. Jika ditolak, komoditas pertanian tersebut dikembalikan ke daerah asalnya dengan persetujuan pemilik barang dengan pengawalan dari petugas karantina.

Seperti yang tampak pada siang (21/10), drh. Nilam Siregar tampak sibuk menangani penolakan dua ekor burung murai asal Makassar. Setelah sempat ditahan beberapa hari lalu di kandang Karantina Sorong, pemilik akhirnya setuju untuk mengembalikan burung murai tersebut ke Makassar yang ia bawa dengan menggunakan KM. Dobonsolo.

“Penolakannya ke Makassar menggunakan pesawat udara. Pemilik barang juga sudah oke dan ikut juga kok dalam proses ini, ” terang Nilam.

Nilam menambahkan bahwa biaya pengiriman kargo dibebankan kepada pemilik barang. Petugas karantina akan mengawal penuh sampai kedua ekor burung murai tersebut dipastikan terbang ke Makassar.

SobatQ, jangan lupa lapor karantina ya sebelum melalulintaskan komoditas pertanian. Petugas senang, SobatQ pun juga tenang.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published.