Pengawasan Rutin Cegah Masuk dan Menyebarnya HPHK dan OPTK

Pengawasan Rutin Cegah Masuk dan Menyebarnya HPHK dan OPTK

Sorong secara geografis merupakan pintu gerbang masuk ke wilayah Papua. Posisi strategis ini menjadikan kota Sorong sebagai kota perdagangan dan kota transit bagi wilayah lainnya di Papua khususnya Papua Barat.

Sebagai kota transit, volume serta frekuensi lalu lintas komoditas pertanian di kota Sorong terbilang tinggi. Kondisi ini dapat meningkatkan resiko masuk dan menyebarnya HPHK dan OPTK sehingga pengawasan rutin di pintu masuk seperti pelabuhan dan bandara penting untuk dilakukan.

Sorong(31/07) Petugas karantina pertanian melakukan pengawasan rutin di Bandara DEO Sorong. Pengawasan dilakukan untuk melihat komoditas apa saja yang masuk dan keluar melalui kargo bandara. Berdasarkan pantauan, pagi ini terdapat komoditas hewan berupa DOC sebanyak 5 boks asal Makassar dan komoditas tumbuhan berupa sayuran segar seperti sawi, bunga kol dan brokoli asal Jakarta sebanyak 6 koli. Selanjutnya petugas karantina seperti biasa akan melakukan pemeriksaan administrasi dan fisik untuk memastikan bahwa jenis serta volume komoditas yang dilalulintaskan sudah sesuai dengan yang tertera pada sertifikat kesehatan dari daerah asal.

Pengawasan serta pemeriksaan secara komprehensif menjadi langkah awal mencegah masuk dan menyebarnya HPHK dan OPTK
 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published.