PENAHANAN BURUNG NURI

Selundupkan Burung Nuri Dalam Box Kepiting Dari Manokwari Tujuan Jakarta, Digagalkan Karantina Sorong

#Tindakan Karantina#
Petugas Stasiun Karantina pertanian (SKP) Sorong berhasil menggagalkan upaya penyelundupan hewan dilindungi berupa burung jenis Nuri Kepala Hitam. Satwa dilindungi itu ditemukan petugas saat saat memeriksa boks styrofoam berisi kepiting bakau di Bandara Domine Eduard Osok (DEO) Sorong, Rabu (8/2).

Uniknya, penyelundupan burung Nuri Kepala Hitam sebanyak satu ekor ini tergolong sadis. Burung disimpan dalam botol air mineral lalu dimasukan dalam box styrofoam berisi penuh kepiting bakau. Burung dalam botol air mineral ditempatkan dibagian atas.
Penyelundupan burung nuri itu digagalkan petugas saat memeriksa cargo. Burung nuri dalam box tersebut dikirim dari Manokwari tujuan Jakarta. Boks berisi kepiting yang di dalamnya terdapat burung selundupan itu diangkut pesawat Sriwijaya Air dengan nomor penerbangan SJ 571. Menemukan burung dilindungi yang diselundupkan, petugas lalu mengamankanya ke kantor karantina.
Kepala SKP Kelas I Sorong Abdulrahman,SP melalui Bagian Seksi Pelayanan dan Operasi (Yan Ops) Karantina drh Sulistiyawati mengatakan, kronologis penggagalan penyelundupan burung nuri bermula saat petugas wilker bandara DEO Rahmawati, A.Md melakukan tugas pengawasan.
Awalnya petugas ground Handling curiga ada burung di dalam box. Kemudian menghubungi petugas karantina untuk memeriksanyam setelah diperiksa ternyata benar ada burung nuri yang diselundupkan.
Cargo pengiriman yang tercatat berisi kepiting bakau dari Manokwari tujuan Jakarta. Petugas memeriksa dengan membuka box styrofoam untuk memastikanya. Setelah diperiksa menemukan botol air mineral berisi burung nuri yang tergolong hewan dilindungi.
Burung nuri yang kini diamankan di kandang penahanan karantina tersebut akan diserahkan ke BKSDA. Sebab untuk kewenangan penangananya merupakan bagian dari tugas BKSDA.
“Kami melakukan penahanan karena memang hewan dilindungi tapi untuk kewenangan selanjutnya ada di BKSDA. Kami akan serahkan burung nuri ini ke BKSDA,”katanya.

#savebiodiversity
#KerjasamaKarantina

 

 

 

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published.