Sosialisasi Dengan Aparatur Pertahanan Negara

 Sorong. (Oktober 2014). Stasiun Karantina Pertanian Kelas I Sorong melakukan kegiatan sosialisasi Karantina Pertanian  kepada sekitar 150 anggota Bataliyon  Infanteri 752 Sorong di Gedung Aula Yonif 752 Vira Yudha Sakti pada hari Jum’at tanggal 17 Oktober 2014. Kegiatan Sosialisai  dengan  Tema “Bersama Kitorang Jaga Papua Barat dari Ancaman Hama Penyakit Hewan Dan Tumbuhan”  ini bertujuan untuk memberikan sosialisasi tentang pentingnya karantina pertanian dalam melindungi kenakeragaman sumber daya alam hayati dari ancaman penyakit hewan dan tumbuhan serta bahaya terhadap kehidupan manusia.  Dengan adanya pemahaman dan kesadaran dari anggota TNI akan karantina Pertanian diharapkan dapat membantu Stasiun Karantina Pertanian Kelas I Sorong dalam menjaga dan mempertahankan Papua Barat khususnya Sorong Raya dari ancaman HPHK dan OPTK  terutama yang didatangkan dari luar Pulau Papua.

Acara dimulai dengan sambutan Kepala SKP Kelas I Sorong  Bapak Abdul Rahman, SP dan dilanjutkan sambutan  Danyon 752 Sorong Mayor Infantri Hindratno Devidanto sekaligus membuka acara sosialisasi ini. Pada kesempatan ini Danyon sangat menyambut positif atas kehadiran Karantina Pertanian untuk sosialisasi kepada anggota TNI di Bataliyon. Beliau juga mengharapkan kerjasamanya dengan karantina dalam mencegah penyakit hewan dan tumbuhan masuk ke kompleks Bataliyon, hal ini dikarenakan adanya banyak lahan kosong di sekitar bataliyon  yang akan dimanfaatkan untuk pertanian dan peternakan. Beliau berharap agar anggota prajurit menyimak dan memperhatikan acara nanti dan bisa disampaikan kepada yang lain yang tidak bisa hadir karena tugas. Selanjutnya Acara Inti materi disampaikan oleh  Kasubsi Yanops Drh M. Taufik Kurniawan dengan menyampaikan materi Tupoksi Karantina serta pengenalan penyakit hewan dan tumbuhan serta bahayanya penyakit tersebut apabila masuk ke Papua Barat khusunya Sorong Raya. Dalam penyampaian materi tersebut disisipkan pemutaran audio visual tentang tindakan karantina dan bahayanya  penyakit hewan  yang bisa menular ke manusia  seperti Flu Burung, Rabies serta penyakit tumbuhan seperti darah pisang, lethal yellowing dsb.

Semangat dan antusiasme para anggota TNI dalam kegiatan sosialisasi karantina pertanian ini sangat tinggi, ditandai dengan aktifnya para prajurit TNI dalam sesi diskusi, mereka merasa terbantu dan senang karena mereka semakin paham dan mengetahui apa saja yang boleh mereka bawa baik dari luar Sorong maupun dari Sorong  ke luar. Setelah selesai acara dilanjutkan dengan Pemeriksaan dan Pengobatan Ternak gratis dilingkungan Bataliyon. Banyak anggota yang membawa unggas nya untuk diperiksa dan minta obat, vitamin dan desinfektan, bahkan ada yang minta diperiksakan sapi nya yang ada diluar dengan mengajak petugas karantina  hewan untuk memeriksa dan mengobatinya.

Leave a Reply

Your email address will not be published.